Selasa, 27 Agustus 2024

MENULIS ULANG BIOGRAFI

Assalamualaikum...gmana kabarnya Ananda yang baik?  sehat kan? kali ini kita akan membahas tentang teks cerita sejarah tepatnya biografi....sebelum kita mulai kita baca dulu 




Baik...kita lanjut ya. Simaklah tayangan dua video biografi di bawah ini!!

Video 1


Video 2


Setelah menyaksikan tayangan di atas, perhatikan uraian singkat tentang biografi berikut ini.

Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Contoh biografi dan cara menulisnya bisa kamu lihat pada penjelasan di bawah ini. Melansir halaman Merriam Webster, istilah biografi berasal dari bahasa Yunani biographia. Pada umumnya, biografi berisikan identitas seseorang beserta peristiwa-peristiwa yang dialami semasa hidupnya.

Pada bagian identitas, penulis bisa memuat nama, tempat dan tanggal lahir, latar belakang keluarga riwayat pendidikan, serta riwayat organisasi yang diikuti oleh tokoh. Sementara peristiwa-peristiwa yang dimaksud dapat meliputi karya yang diciptakan, penghargaan yang diterima, atau konflik yang dihadapi.

Nah, biografi memiliki teks serupa dengan nama autobiografi. Isi keduanya kurang lebih sama. Perbedaan teks biografi dan autobiografi terletak pada penulisnya. Autobiografi ditulis sendiri oleh tokoh yang berada di teks tersebut.

 

Struktur Teks Biografi

Sebelum melakukan praktik menulis biografi, kamu perlu ketahui terlebih dahulu struktur teks biografi, nih. Melansir 'Modul Kemdikbud Bahasa Indonesia: Hal yang Dapat Diteladani dari Tokoh Biografi', teks biografi disusun atas orientasi, peristiwa penting, dan reorientasi.

1.     Orientasi, berisi pengenalan latar belakang kehidupan tokoh yang bisa dimulai dari kisah masa kecil atau keadaan keluarga.

2.     Kejadian penting, berisi rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis atau menurut urutan waktu. Bagian ini dapat menceritakan rangkaian peristiwa karya yang diciptakan, penghargaan yang diterima, dan konflik yang dihadapi.

3.     Reorientasi, berisi komentar evaluatif atau pernyataan kesimpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya. Reorientasi bersifat opsional sehingga bisa ada atau tidak ada dalam teks biografi.

 

Cara Menulis Teks Biografi

Dikutip dari halaman web Penerbit Deepublish, kamu bisa menulis teks biografi hanya dengan lima langkah, yakni

1.    Menentukan Tokoh

Hal pertama yang harus dipikirkan adalah menentukan tokoh yang ditulis. Hal paling dasar adalah harus mencari tahu apakah tokoh tersebut masih hidup atau sudah wafat. Pertimbangan tersebut akan berpengaruh pada tulisan kita.

2.    Menentukan Bahan

Setelah menentukan tokoh yang akan ditulis, langkah selanjutnya adalah melakukan riset untuk menentukan bahan-bahan yang mendukung informasi tulisan. Pada tahap ini, kita dapat berfokus untuk menentukan bahan sebanyak-banyaknya.

3.    Temukan Fakta-fakta Utama

Setelah menemukan semua bahan tulisan, kita bisa menemukan dan memilah fakta-fakta unik, menarik, dan utama dari tokoh. Fakta-fakta tersebut menjadi penting untuk diungkap karena bisa berdampak pada penulisan biografi.

4.    Tentukan Bagian Penting

Dalam penulisan biografi, aspek penting lainnya adalah menentukan bagian penting dari kehidupan tokoh yang kita pilih. Maka dari itu, dalam menulis biografi kita harus menceritakan kisah hidup tokoh secara kronologis.

5.    Menentukan Daya Tarik Tokoh yang Kita Angkat

Terlepas dari terkenal atau tidaknya tokoh yang dipilih, kita juga harus tetap memiliki argumen kuat mengapa tokoh yang dipilih perlu ditulis biografinya.


Bagaimana? sudah mendapatkan pemahaman tentang teks biografi? berikut tugas individu yang harus Ananda selesaikan.

Tugas 1. Tulis ulang biografi salah satu tokoh yang terdapat pada tayangan video di atas (pilih salah satu) dengan memperhatikan ketentuan/kaidah penulisan biografi seperti pada pemahaman Ananda sebelumnya. Jawaban sekaligus bukti kehadiran Ananda dalam PJJ dapat ditulis pada tautan beriku ini!

Tautan Absen dan Jawaban


Tugas 2. Kerjakan latihan soal pada tautan berikut!

Latihan Soal Teks Cerita Sejarah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar