Sudah tahukah Ananda apakah itu sebuah
surat lamaran kerja? Jika belum tahu apa yang dimaksud dengan surat lamaran
kerja, maka Ananda bisa menyimak penjelasan dari Bapak tentang definisi surat
lamaran kerja atau arti surat lamaran kerja dalam artikel ini.
Berikut ini adalah penjelasan tentang
pengertian surat lamaran kerja beserta bagian bagian surat lamaran kerja, cara
membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar dan contoh surat lamaran kerja.
A.
Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan
Surat lamaran pekerjaan merupakan
suatu surat dari seseorang yang membutuhkan pekerjaan kepada orang atau pejabat yang bisa memberikan pekerjaan
atau jabatan. Melalui surat lamaran ini, pelamar meminta supaya ia diberi
pekerjaan.
Surat lamaran pekerjaan bisa juga
diartikan dengan suatu surat dari calon karyawan kepada calon majikan yang
berisi permintaan supaya karyawan diberi pekerjaan oleh calon majikan.
Surat lamaran pekerjaan ini biasanya bersifat formal ataupun resmi,
misalnya surat untuk melamar pekerjaan menjadi karyawan ataupun jabatan
tertentu sesuai pada iklan yang ditawarkan.
Dalam hal ini, pelamar dalam surat
lamarannya perlu menyebutkan suatu sumber lamaran tersebut di alinea atau
paragraf pembuka. Apabila lamaran itu tidak berdasarkan pada suatu sumber,
tentu saja tidak diperlukan peenyebutan sumber pada alinea pembuka.
B. Fungsi Surat Lamaran Pekerjaan
1. Sebagai tanda tertulis / resmi
pengajuan permohonan pekerjaan
Yang satu ini merupakan fungsi utama
dari surat lamaran kerja, karena dengan hadirnya surat lamaran kerja berarti
permohonan tersebut sifatnya resmi dan tentu akan langsung diterima sebagai
permohonan dan pertimbangan dalam menerima pelamar tersebut.
2. Sebagai Alat Komunikasi
Fungsi ini merupakan salah satu fungsi
dasar dari setiap surat. Karena setiap surat sudah dapat dipastikan akan
mengandung informasi yang akan sangat diperlukan oleh pihak yang dituju. Dalam
surat lamaran informasi yang dibutuhkan yaitu informasi mengenai data dan
identitas pelamat. Dalam surat lamaran pekerjaan biasanya akan terlampir
izasah, daftar riwayat hidup, foto copy KTP dan keterangan pengalaman
pekerjaan. Semua informasi tersebut akan sangat diperlukan oleh suatu
perusahaan atau instansi yang dituju sebagai bahan pertimbangan untuk menerima
pelamar tersebut. Oleh karena itu bagi pelamar selalu perhatikanlah informasi
dalam surat lamaran tersebut dan persiapkan semua prasyarat yang dibutuhkan.
3. Sebagai Bahan Pertimbangan
Ini sudah dijelaskan diatas bahwa
dengan hadirnya sebuah surat lamaran kerja dan berbagi informasi mengenai
identitas diri, merupakan kebutuhan untuk melakukan sebuah pertimbangan bagi
perusahaan menerima pelamar yang tepat mengisi pekerjaan yang kosong.
Gunakan bahasa yang baik dan benar,
pergunakan bahasa yang formal karena surat lamaran kerja ini termasuk surat
resmi jangan menggunakan bahasa yang tidak patut dalam pembuatan surat resmi.
Tulislah kalimat yang singkat padat
dan jelas, jangan bertele-tele dalam menulis suatu surat lamaran karena surat
lamaran ini bisa menampilkan jati diri seseorang serta sebuah instansi atau
perusahaan tidak menyukai surat lamaran yang bertele-tele.
Tulislah secara manual menggunakan
tangan, penulisan surat lamaran kerja secara manual lebih disukai suatu
perusahaan karena melalui tulisan tangan bisa dinilai bagaimana pribadi
seseorang.
Perhatikan kebersihan suatu surat
lamaran kerja, jangan sampai ada coretan atau bekas penghapus dalam surat
lamaran kerja, jika salah menulis lebih baik tulis ulang di kertas baru, jangan
menggunakan stipo untuk menghapus.
Isi secara jelas data diri dan suatu
informasi yang informasi tentang diri anda, serta lampirkan dokumen-dokumen
pendukung seperti daftar riwayat hidup, fotocopy identitas diri serta
dokumen-dokumen lain yang menjadi persyaratan.
Jika anda mempunyai sertifikat
pendukung yang bisa menambah nilai plus untuk diri anda jangan ragu untuk dapat
melampirkannya.
D.
Ciri – Ciri Surat Lamaran Pekerjaan
1. Tempat dan Tanggal
Tempat dan tanggal ditempatkan di
pojok kanan atas tanpa titik di akhir, karena bukan merupakan suatu kalimat.
Contoh : Bandung, 28 Agustus 2019
2. Lampiran dan Perihal
Kata ‘Lampiran’ dan ‘Perihal’ tidak
bisa disingkat seperti lamp. atau hal.
Angka dalam kolom lampiran itu ditulis
menggunakan huruf.
Contoh :
Lampiran : Satu Lembar
Perihal : Lamaran Kerja
3. Alamat Surat
Tidak menggunakan kata-kata “Kepada”.
Alamat yang disarankan tidak lebih
dari tiga baris.
Jabatan tidak boleh menggunakan jenis
kelamin seperti halnya bapak atau ibu.
Tulisan “Jalan” pada suatu alamat
tidak boleh disingkat.
Tidak boleh menggunakan titik di
masing – masing akhir barisnya
Contoh :
Jalan M. Yamin No. 02
Bandung
4. Salam Pembuka
Setelah kata “Dengan Hormat” harus
menggunakan koma.
Kata dengan hormat sebaiknya dapat
dijadikan satu dengan kalimat selanjutnya, walaupun diganti baris seperti biasa
juga tetap dapat digunakan.
Contoh :
Dengan Hormat, berdasarkan . . . . . .
. . . . ( yang dianjurkan )
Dengan Hormat,
Berdasarkan . . . . . . . . . . (
tetap dapat digunakan )
5. Alinea Pembuka
Dalam alinea pembuka sebaiknya harus
menggunakan bahasa yang baik dan sopan serta membuat instansi yang membacanya
tidak tersinggung.
6. Isi
Dalam isi terdapat juga :
Identitas
Yaitu suatu keterangan berupa nama,
tempat tanggal lahir, alamat, pendidikan terakhir dan dapat dtambah lagi sesuai
dengan kebutuhan. Dalam menuliskan suatu keterangan diatas, awalan kata tidak
menggunakan huruf besar.
Contoh :
nama :
Nyi Uneh
tempat tanggal lahir : Bandung, 4
Oktober 1990
pendidikan terakhir : S1 Teknik Sipil
alamat
: Jl. Peta 200 Bandung
Maksud dan Tujuan
Merupakan suatu keterangan tentang
alasan pengirim atau pelamar pekerjaan menulis surat itu.
Menyatakan Lampiran
Dalam lamaran pekerjaan ini terdapat
beberapa lampiran tentang syarat yang telah diminta oleh instansi yang
membutuhkan pekerja, maka sang pelamar harus memenuhi lampiran yang diminta
tersebut.
Dalam lampiran ini setiap akhir
kalimatnya harus menggunakan tanda titik dua, dan di akhir lampiran
mengggunakan titik.
Contoh :
1. Fotokopi ijazah yang telah
dilegalisir;
2. Fotokopi kartu tanda penduduk;
3. Foto ukuran 3×4 dua lembar.
7. Penutup
Dalam penutup kita harus menunjukan
keantusiasan kita dalam melamar suatu pekerjaan pada instansi yang kita tuju.
Contoh : Demikian surat lamaran
pekerjaan yang saya buat, besar harapan saya untuk bisa menjadi bagian dari
perusahaan . . . . . . . . .
8. Tanda Tangan dan Nama Terang
Tanda tangan ini berada di pojok kanan
bawah surat, kemudian dibawahnya ditulis nama lengkap anda.
Contoh : Hormat saya,
E.
Struktur Surat Lamaran Pekerjaan
Sistematika surat lamaran pekerjaan
sebagai berikut :
Tempat dan Tanggal pembuatan surat
Lampiran
Hal
Alamat surat
Salam pembuka
Alinea pembuka
Alinea Isi
Alinea Penutup
Salam penutup
Tanda tangan dan nama terang
F.
Jenis – Jenis Surat Lamaran Pekerjaan
Menurut jenis pembuatannya surat
lamaran pekerjaan terbagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut
·
Surat
lamaran pekerjaan ini digabungkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae). Dalam cara ini, riwayat hidup termasuk dalam isi
surat karena isinya berupa gabungan, cara ini juga disebut model gabungan.
·
Surat
lamaran yang dipisahkan dari sebuah riwayat hidup. Dalam cara ini riwayat hidup
merupakan suatu lampiran dan cara ini disebut model terpisah.
·
Dalam
suatu praktek pemakain yang banyak dipakai adalah model terpisah. Walaupun
dalam pembuatannya memerlukan dua kali kerja, dan model ini lebih digemari oleh
para pencari kerja karena suratnya tidak terlalu panjang.
G.
Sumber – Sumber Lamaran Pekerjaan
Sumber-sumber lamaran pekerjaan
diantaranya ialah :
·
Sumber
lowongan pekerjaan tanpa suatu sumber tertentu.
·
Sumber
lowongan pekerjaan dari suatu media tertentu.
·
Sumber
lowongan pekerjaan dari suatu referensi pihak tertentu.
H.
Bagian – Bagian Surat Lamaran Kerja
·
Tempat
dan tanggal pembuatan surat lamaran.
·
Hal
atau perihal.
·
Lampiran
berkas.
·
Alamat
yang di tuju.
·
Salam
pembuka.
·
Isi
surat yang bisa di bagi menjadi empat bagian yakni suatu paragraf pembuka, isi
surat, daftar lampiran dan
·
Paragraf
penutup.
·
Salam
penutup.
·
Nama
terang pelamar dan tanda tangan.
I.
Unsur – Unsur Surat Lamaran Pekerjaan
Surat lamaran yang baik
sekurang-kurangnya mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
·
Mempunyai
suatu bentuk yang menarik.
·
Mempunyai
suatu bahasa yang menarik.
·
Menggambarkan
suatu kemampuan pelamar.
·
Tepat
pada suatu sasaran.
Dalam surat lamaran pekerjaan,
terdapat unsur-unsur surat, yakni sebagai berikut :
·
Kepala
surat
·
Tempat
dan tanggal penulisan surat
·
Salam
pembuka
·
Pembuka
surat
·
Tujuan
surat lamaran pekerjaan
·
Lampiran
persyaratan yang ditentukan
·
Penutup
surat
·
Tanda
tangan dan nama jelas pelamar
J.
Hal – Hal Yang Harus Dicantumkan Surat Lamaran Pekerjaan
Hal – hal yang harus dicantumkan dalam
surat lamaran pekerjaan agar tercapai tujuan pembuatannya diantaranya ialah :
·
Menyebutkan
suatu sumber lamaran.
·
Identifikasi
diri yang lengkap dari pelamar, identifikasi diri lengkap dari pelamar meliputi
nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap,nomor telepon,hand phone
atau alat bantu komunikasi lainnya. Identifikasi diri dari pelamar juga harus
memudahkan pihak perusahaan menghubungi pelamar.
·
Posisi
yang dikehendaki.
·
Riwayat
pendidikan.
·
Riwayat
pekerjaan (bila ada).
·
Kemampuan
lain yang dimiliki.
·
Surat
Referensi (bila ada dan pelamar memandang pihak pemberi referensi mempunyai
pengaruh terhadap pengambilan keputusan).
A. Hal
– Hal Yang Harus Diperhatikan Surat Lamaran Pekerjaan
Ada beberapa hal yang harus
diperhatikan dalam pembuatan surat lamaran, yakni sebagai berikut :
·
Surat
lamaran ditulis tangan di atas kertas yang bergaris ukuran folio. Tulisan harus
jelas, bersih, dan tidak ada coretan satupun. Surat lamaranpun dapat dibuat
menggunakan suatu mesin tik atau komputer.
·
Pelamar
harus menyebutkan dirinya bukan dengan kata ganti kami melainkan saya. Pelamar
juga harus menyebut pimpinan instansi dengan Bapak/Ibu (jika sudah jelas
pemimpinnya). Apabila masih belum jelas, dapat langsung menyebutkan suatu
jabatannya.
B. Contoh
Surat Lamaran Pekerjaan
Jakarta, 10 Agustus 2019
Yth.
Pimpinan Personalia PT. Seputar Ilmu
di
Jakarta
Saya yang bertanda tangan di bawah
ini,
Nama : Alvira Syahidda Rahmani
Tempat, Tanggal Lahir :
Bandung, 11 November 1990
Jenis Kelamin : Perempuan
Status : Belum Kawin
Agama :
Islam
Pendidikan/Jurusan :
S-1 Sistem Informatika
Alamat : Bandung, Jln Peta no. 4
Nomor Telepon/Hp :
081204101105 (WA)
Dengan ini menyampaikan suatu
permohonan kepada Bapak/Ibu, agar kiranya dapat diangkat menjadi pegawai di
perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, dengan jabatan sebagai staf keuangan.
Sebagai bahan suatu pertimbangan
Bapak/Ibu, bersama ini Saya lampirkan :
·
Foto
copy Ijazah terakhir beserta transkrip nilai yang telah dilegalisir
masing-masing 1 (satu)
·
lembar
·
Pas
photo yang berukuran 3×4 cm sebanyak 4 (empat) lembar.
·
Foto
copy Kartu Pencari Kerja (AK. I) yang telah dilegalisir sebanyak 1 (satu)
lembar.
·
Surat
keterangan kesehatan.
·
Surat
keterangan kelakuan baik.
Demikian permohonan ini saya
sampaikan, besar harapan Saya kiranya Bapak/Ibu dapat mempertimbangkannya,
sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Ttd
Alvira
Syahidda Rahmani, ST
Aril Arsenio
BalasHapusXII IPS 5
Anggi Mirani Nurunnisa
BalasHapusXII IPS 5
Anisa widya
BalasHapusXI IPS 5
Hana rosala salmia
BalasHapusXII IPS 5
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusDwiki Naufal farizz
BalasHapusXII IPS 5
Nendi Renaldi
BalasHapusXI I IPS 5
Alika Bella Safarina
BalasHapusXii ips 5
Asyfa putria
BalasHapusXII IPS 5
Handika Priana
BalasHapusXII IPS 5
Kiki Fatmawati
BalasHapusXII IPS 2
Muhammad Rendi Firmansyah
BalasHapusXII IPS 2
Cintami Wirahmi
BalasHapusXII IPS 2
Almira khairun nisa ayu
BalasHapusXll IPS 5